RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (PERUSAHAAN DAGANG)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMK NEGERI 1 WONOGIRI

TAHUN AJARAN 2011/2012

 

Memenuhi Tugas Akhir Semester VI Mata kuliah Praktek Micro Teaching Dosen Pengampu Drs. Djumali, M. Pd

 

 

 

 

GURU MAPEL:

EMIATI

A 210 090 046

 

 

 

PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

2012

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMK NEGERI 1 WONOGIRI

TAHUN PELAJARAN 2011/2012

 

 

Mata Pelajaran                 : Ekonomi

Pokok materi                    : Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

Kelas / Semester               : XI / Satu

Pertemuan Ke                  : 1 (Satu)

Alokasi Waktu                 : 1 x 45 Menit

Standar kompetensi          : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar            : 1.1 Mencatat transaksi ke jurnal khusus dalam perusahan dagang

Indikator                          : 

1.      Mendeskripsikan pengertian perusahaan dagang

2.      Mendeskripsikan ciri-ciri perusahaan dagang

3.      Mengklasifikasikan akun-akun khusus yang hanya ada pada perusahaan dagang.

 

  I.            Tujuan Pembelajaran   :

1.      Peserta didik dapat menjelaskan definisi perusahaan dagang.

2.      Peserta didik dapat menguraikan ciri-ciri perusahaan dagang.

3.      Peserta didik dapat mengklasifikasikan akun-akun khusus yang hanya ada pada perusahaan dagang.

 

II.            Materi Pembelajaran   

1.      Definisi Perusahaan Dagang.

2.      Ciri-ciri Perusahaan Dagang.

3.      Akun-akun Khusus yang ada di Perusahaan Dagang.

 

III.            Metode Pembelajaran   :

1.      Metode ceramah

2.      Metode tanya jawab

Pendekatan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran dua tinggal dua tamu (two stay two stray).

 

IV.            Langkah-langkah dalam pembelajaran :

No.

Uraian Kegiatan

Pendidikan karakter yang dicapai

Alokasi waktu

1.

Kegiatan Awal

 

10 menit

 

 

a.       Guru mengucapkan salam.

b.      Berdo’a dan Absen

c.       Apersepsi, memberi pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi perusahaan dagang.

d.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran materi perusahaan dagang dan memberikan motivasi.

 

a.       Kereligiusan

b.      Kedisiplinan

c.       Gemar membaca

 

 

d.      keingintahuan

 

 

2.

Kegiatan Inti

 

25 menit

 

 

a.       Guru menyampaikan aturan main dalam melakukan pembelajaran menggunakan metode two stay two stray (Eksplorasi).

b.      Siswa di bagi dalam kelompok-kelompok (Elaborasi).

c.       Guru membagikan bahan yang akan digunakan(Eksplorasi).

d.      Siswa menganalisis materi tantang perusahan dagang (Elaborasi).

e.       Guru memberikan stimulasi kepada  peserta didik mengenai garis-garis besar  materi yang di ajarkan tentang perusahaan dagang (Eksplorasi).

f.       Guru memberikan soal untuk dikerjakan setiap kelompok (Elaborasi).

g.       Siswa  mendiskusikann jawaban dari soal mengenai materi-materi perusahaan dagang (Elaborasi).

h.      Siswa berpindah kelompok mendiskusikan hasil dari kelompok masing-masing (Elaborasi).

i.        Siswa  menyajikan hasil jawaban dari pekerjannya (Elaborasi).

j.        Kemudian Guru dan peserta didik bersama-sama membahas jawaban dari soal tersebut (Elaborasi).

k.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan materi (Konfirmasi).

l.        Menfasilitasi siswa melalui refleksi untuk memperoleh pengetahuan yang lebih dari materi perusahaan dagang (Konfirmasi).

 

a.       Berfikir logis, kritis,kreatif dan inovatif.

 

 

 

b.      Kerjasama.

 

 

c.       Kemandirian.

 

d.      Rasa ingin tahu dan kecerdasan.

 

e.       Rasa Ingin tahu dan Kecerdasan.

 

 

 

 

f.       Kemandirian.

 

 

g.       Kerjasama dan Kecerdasan.

 

 

 

h.      Keingintahuan, Kerjasama dan kecerdasan.

 

 

i.        Rasa Tanggungjawab dan Percaya Diri.

 

j.        Kecerdasan dan berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif.

 

 

k.      Kecerdasan dan keingintahuan.

 

l.        Berorientasi pada tindakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Kegiatan akhir

 

10 menit

 

 

a.       Bersama-sama membuat rangkuman kesimpulan dari materi perusahaan dagang.

b.      Memberikan tugas kepada siswa tentang perusahaan dagang.

c.       Merencanakan materi berikutnya.

d.      Berdoa

e.       Keluar kelas dengan tertib.

 

a.       Berorientasi pada tindakan.

 

 

b.      Kedisiplin dan rasa tanggungjawab.

c.       Keingintahuan.

d.      Kereligiusan.

e.       Kedisiplinan.

 

 

V.            Alat, Media, Bahan dan Sumber Belajar :

1.      Media    : Laptop dan LCD

2.      Bahan    : Kertas kerja untuk siswa tentang materi perusahaan dagang

3.      Sumber  : Buku Akuntansi 1B, Jakarta : Yudistira

 

 

VI.            Penilaian                        :

1.      Aspek yang dinilai                   :

a.       Penilaian kognitif              : Penilaian hasil belajar

b.      Penilaian Afektif              : Penilaian proses belajar        

2.      Jenis Tagihan                           : Tugas Individu

3.      Bentuk Soal                             : Uraian

4.      Ketentuan Penilaian                 :

a.       Penilaian kognitif

 

Soal

Keterangan

Nilai

1

Benar

5

2

Benar

20

3

Benar

10

4

Benar

15

5

Benar

5

6

Benar

15

7

Benar

10

8

Benar

10

9

Benar

5

10

Benar

5

 

Total

100

 

Nilai    = Jumlah score yang diperoleh x 100

                          Jumlah bobot

            = 100 X 100

               100

            =100

Keterangan jumlah Skor :

 0  – 20              = Sangat Kurang

21 – 40              = Kurang

41 – 60              = Sedang

61 – 80              = Baik

81 – 100            = Sangat Baik

 

b.      Penilaian Afektif

 

NO

NAMA SISWA

PERILAKU

Jumlah Skor

Nilai

Keterangan

Kedisiplinan

Kerja Sama

Inisiatif/ Kreatif

Perilaku

Tanggung-jawab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria penilaian yang di isi di setiap kolom :

1               = Sangat Kurang (siswa tidak melihatkan kriteria perilaku)

2               = Kurang (siswa mulai melihatkan kriteria perilaku)

3               = Sedang (siswa sudah sesuai dengan kriteria perilaku)

4               = Baik (siswa lebih berkembang sesuai dengan kriteria perilaku)

5               = sangat Baik (siswa mempunyai kebiasaan sesuai dengan kriteria perilaku)

 

Nilai       = Jumlah score yang diperoleh x 100

                            Jumlah bobot

 

 

Keterangan jumlah Skor :

 0  – 20            = Sangat Kurang

21 – 40            = Kurang

41 – 60            = Sedang

61 – 80            = Baik

81 – 100          = Sangat Baik

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Dosen Pembimbing

 

 

 

Drs. Jumali, M. Pd

NIP. ……………………….

Wonogiri,  15 Juni 2012

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Emiati

A 210 090 046

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

MATERI PEALAJARAN

A.     Pengertian

Perusahaan Dagang adalah perusahaan yang kegiatanya dengan cara membeli barang-barang dan menjual kembali kepada konsumen tanpa mengubah bentuknya.

 

B.     Ciri-ciri Perusahaan Dagang

1.      Penjualan pokoknya dari penjualan barang dagang

2.      Pembelian barang untuk dijual kembali tanpa ada proses perubahan bentuk.

3.      Harga pokok barang yang dijual dihitung darri :

4.      H. Pokok=Pers. Awal+Pemb. Bersih-Pers. Akhir

5.      Laba kotor=Penjualan bersih-H.pokok

6.      Sistem Pencatatanya :

·         Sistem Periodik=Pecatatan persediaan barang dagang hanya dilakukan pada akhir periode.

·         Sistem Permanen=Pencatatan persediaan barang dagang dilakukan secara terus menerus/kontiyu

 

C.     Akun-akun Khusus dalam Perusahaan Dagang

1.      Akun Persediaan Barang dagang

Untuk mencatat jumlah persediaan barang dagang.

2.      Akun Pembelian

Untuk mencatat semua transaksi pembelian barang dagang.

3.      Akun Retur Pembelian dan Penurunan Harga

Untuk mencatat semua transaksi pengambilan barang dagang yang telah dibeli dan penguranggan harga atas pengembalian barang tersebut.

4.      Akun Potongan Pembelian

Untuk mencatat transaksi potongan pembelian.

5.      Akun Beban Angkut Pembelian

Untuk mencatat semua transaksi pembayaran biaya angkut barang dagang yang dibeli.

6.      Akun Penjualan

Untuk mencatat semua transaksi penjualan barang dagang.

7.      Akun Retur Penjualan dan Pengurangan Harga

Untuk mencatat transaksi penerimaan kembali barang dagang yang telah dijual.

8.      Akun Potongan Penjualan

Untuk mencatat transaksi potongan penjualan

9.        Akun Beban Angkut Penjualan

Untuk mencatat semua transaksi pembayaran biaya angkut barang dagang yang di jual.

 

D.     Transaksi-transaksi Perusahaan Dagang

1.      Membeli barang dagang secara kredit

2.      Membeli barang dagang secara tunai

3.      Mengembalikan barang dagang

4.      Menerima potongan pembelian

5.      Membayar dan menerima perhitungan biaya angkut pembelian

6.      Menjual barang dagang secara kredit

7.      Menjual barang dagang secara tunai

8.      Menerima kembali barang dagang yang telah dijual

9.      Memberi potongan penjualan

 

E.     Contoh Transaksi Perusahaan Dagang :

—  Maret 10 Dibeli barang dagangan seharga Rp.10.000.000,00 dari PT Bunda Solo,secara tunai.

Syarat pembayaran jika secara kredit 2/10, n/30.

Buwatlah jurnal transaksi di atas jika secara tunai maupun kredit !

Secara Tunai :

Pembelian          Rp 10.000.000,00

    Kas                                       Rp. 10.000.000

Secara kredit :

Pmbelian             Rp 10.000.000,00

     Utang dagang                    Rp 10.000.000

 

—  Maret 11  Dibayar biaya angkut barang dagang yang dibeli dari Pt Bunda Solo, sebesar Rp 50.000,00.

Jurnal :

Biaya angkut pembelian      Rp 50.000,00

      Kas                                                        Rp 50.000,00

 

—  Maret 15  Dikirim kembali barang dagang yang dibeli secara kredit dari PT Bunda Solo, sejumlah Rp 500.000,00

Jurnal :

Utang dagang     Rp   500.000,00

              Retur pembelian & ph      Rp   500.000,00

 

—  Maret 18  Dibayar pembelian barang yang dibeli dari PT Bunda Solo tanggal 10 Maret.

Utang Dagang sebesar                                 Rp 10.000.000,00

Retur Pembelian                                          Rp      500.ooo,oo  _

                                                                    Rp   9.500.000,00

Potongan: 2% x Rp9.500.000,00                Rp        190.000,00   _

                                                                    Rp   9.310.000,00

Jurnal :

Utang Dagang                                  Rp 9.500.000,00

           Potongan pembelian                         Rp    190.000,00

           Kas                                                   Rp 9.310.000,00

 

—  Maret 25 Dijual barang dagangan seharga Rp 2.000.000,00 kepada toko Adinda.

Syarat pembayaran jika secara kredit 2/10, n/30.

Buwatlah jurnal transaksi diatas bila djual secara tunai maupun kredit !

Secara Tunai :

Kas                        Rp 2.000.000,00

       Penjualan                       Rp 2.000.000,00

 

Secara Kredit :

Piutang dagang   Rp 2.000.000,00

       Penjualan                       Rp 2.000.000,00

 

—  Maret 26 Dibayar biaya angkut barang dagang yang dijual kepada toko Adinda, sebesar Rp 50.000,00.

Jurnal :

Biaya angkut penjualan       Rp 50.000,00

      Kas                                                        Rp 50.000,00

 

—  Maret   27  Diterima kembali barang dagang dari toko Adinda, sebesar Rp 100.000,00 karena barang yang dikirim kurang baik

Jurnal :

Retur penjualan & ph     Rp  200.000,00

       Piutang dagang                    Rp 200.000,00

 

—  Maret 28  Dibayar penjualan barang yang dijual kepada toko Adinda tanggal 25 Maret.

Piutang Dagang sebesar                               Rp 2.000.000,00

Retur Pembelian                                          Rp     200.ooo,oo  _

                                                                    Rp   1.800.000,00

Potongan: 2% x Rp 1.800.000,00               Rp        36.000,00   _

                                                                    Rp   1.764.000,00

        Jurnal :

Kas                          Rp 1.764.000,00

Potongan penjualanRp     36.000,00

           Piutang dagang                      Rp 1.800.000,00

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

SOAL DAN JAWABAN

SOAL

JAWABAN

1.      Arti perusahaan dagang?

(skor 5)

perusahaan yang kegiatanya dengan cara membeli barang-barang dan menjual kembali kepada konsumen tanpa mengubah bentuknya.

 

 

2.      ciri-ciri perusahaan dagang?

(skor 20)

 

—  Penjualan pokoknya dari penjualan barang dagang

—  Pembelian barang untuk dijual kembali tanpa ada proses perubahan bentuk.

—  Harga pokok barang yang dijual dihitung darri :

H. Pokok=Pers. Awal+Pemb. Bersih-Pers. Akhir

—  Laba kotor=Penjualan bersih-H.pokok

—  Sistem Pencatatanya :

Sistem Periodik=Pecatatan persediaan barang dagang hanya dilakukan pada akhir periode.

Sistem Permanen=Pencatatan persediaan barang dagang dilakukan secara terus menerus/kontiyu.

 

 

3.      sistem pencatatan perusahaan dagang?

(skor 10)

 

·         Sistem Periodik=Pecatatan persediaan barang dagang hanya dilakukan pada akhir periode.

·         Sistem Permanen=Pencatatan persediaan barang dagang dilakukan secara terus menerus/kontiyu.

 

 

4.      Berikut ini akun-akun yang ada di perusahaan dagang :

a.       Akun persedian barang dagang

b.      Akun penjualan

c.       Akun pembelian

Sebutkan fungsi dari akun di atas!

(skor 15)

 

 

Fungsi akun-akun perusahaan dagang:

·         Untuk mencatat jumlah persedian barang

·         Untuk mencatat semua transaksi penjualan barang dagang

·         Untuk mencatat semua transaksi pembelian barang dagang

 

 

5.      Sebutkan contoh-contoh perusahaan dagang !

(skor 5)

 

Toko matahari, carefour, alfamart, indomart,toko sembako,dll.

 

 

 

 

 

 

6.      Sebutkan transaksi-transaksi yang ada dalam perusahaan dagang !

(skor 15)

 

—  Membeli barang dagang secara kredit

—  Membeli barang dagang secara tunai

—  Mengembalikan barang dagang

—  Menerima potongan pembelian

—  Membayar dan menerima perhitungan biaya angkut pembelian

—  Menjual barang dagang secara kredit

—  Menjual barang dagang secara tunai

—  Menerima kembali barang dagang yang telah dijual

—  Memberi potongan penjualan

 

 

7.      Maret 10 Dibeli barang dagangan seharga Rp.6.000.000,00 dari PT Bunda Solo,secara tunai.

Jika soal di atas di beli secara kredit.

Buwatlah jurnal transaksi di atas !

 

(skor 10)

 

Secara Tunai :

Pembelian          Rp 6.000.000,00

    Kas                                       Rp. 6.000.000

Secara kredit :

Pmbelian             Rp 6.000.000,00

     Utang dagang                    Rp 6.000.000

 

 

8.      Maret 25 Dijual barang dagangan seharga Rp 1.000.000,00 kepada toko Adinda.

Buwatlah jurnal transaksi diatas bila djual secara tunai dan kredit !

 

(skor 10)

 

Secara Tunai :

Kas                        Rp 1.000.000,00

       Penjualan                       Rp 1.000.000,00

Secara Kredit :

Piutang dagang   Rp 1.000.000,00

       Penjualan                       Rp 1.000.000,00

 

 

9.      Maret 15  Dikirim kembali barang dagang yang dibeli secara kredit dari PT Bunda Solo, sejumlah Rp 200.000,00

 

(skor 5)

 

Jurnal :

Utang dagang     Rp   200.000,00

      Retur pembelian & ph      Rp   200.000,00

 

10.  Maret   27  Diterima kembali barang dagang dari toko Adinda, sebesar Rp 100.000,00 karena barang yang dikirim kurang baik.

 

(skor 5)

 

Jurnal :

Retur penjualan & ph     Rp  100.000,00

       Piutang dagang                    Rp 100.000,00

 

LAMPIRAN

METODE PEMBELAJARAN

DUA TINGGAL DUA TAMU

(TWO STAY TWO STRAY)

OLEH: SPENCER KAGAN 1992

 

MEMBERI KESEMPATAN KEPADA KELOMPOK

MEMBAGIKAN HASIL DAN INFORMASI DENGAN KELOMPOK LAINNYA

 

LANGKAH-LANGKAH :

1.      siswa bekerjasama dalam kelompok berempat seperti biasa.

2.      setelah selesai, dua orang dari masing-masing kelompok akan meninggalkan kelompoknya dan masing-masing bertamu ke kelompok lain.

3.      Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja sama dengan informasi mereka ke tamu mereka.

4.      Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.

5.      Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka.

6.      Kesimpulan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

SKENARIO PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.

1.      Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.

2.      Guru membimbing siswanya untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran.

3.      Guru mengabsen siswa dan menfokuskan pada siswa yang tidak masuk.

4.      Guru melakukan apersepsi, mengulas materi semester sebelumya tentang Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa.

5.      Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang Akuntansi Perusahaan Jasa untuk mengetahui daya pengetahuan siswanya.

6.      Guru menyampaikan pokok pembelajaran Siklus akuntansi Perusahaan Dagang.

7.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran materi Siklus akuntansi Perusahaan Dagang.

8.      Sebelum menyampaikan meteri Guru menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan, dalam RPP ini mengunakan metode two stay two stray.

9.      Guru kemudian membagi siswa menjadi beberapa kelompok, yang setiap kelompoknya beranggotakan 4 siswa.

10.  Guru membagikan materi pelajaran tentang Siklus akuntansi Perusahaan Dagang..

11.  Siswa disuruh untuk menganalisis meteri yang diberikan sebelum guru menjelaskan.

12.  Guru menyampaikan penjelasan garis-garis besar meteri pelajaran tentang Siklus akuntansi Perusahaan Dagang.

13.  Guru membagikan soal kepada setiap kelompok tentang Siklus akuntansi Perusahaan Dagang.

14.  Siswa mendiskusikan jawaban dari soal yang telah diberikan Guru pada masing-masing kelompok.

15.  Guru mengarahkan siswa untuk berpindah kelompok sesuai dengan metode pembelajaran two stay two stray.

16.  Guru menyuruh siswa untuk berdiskusi lagi pada kelompok baru sesuai peranya masing-masing , 2 siswa sebagai pemilik kelompok menjelaskan kepada 2 siswa lain yang sebagai tamu.

17.  Setelah berdiskusi siswa disuruh kembali pada kelompoknya masing-masing (kelompok awal).

18.  Guru menyuruh siswa untuk menyajikan hasil dari diskusinya bergantian sampai kelompok terakhir.

19.  Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil  jawaban dari soal yang diberikan.

20.  Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan materi tentang Siklus akuntansi Perusahaan Dagang.

21.  Guru menfasilitasi siswa melalui refleksi untuk memperoleh pengetahuan yang lebih dari materi Siklus akuntansi Perusahaan Dagang.

22.  Bersama-sama Guru dan Siswa membuan rangkuman kesimpulan dari materi Siklus akuntansi Perusahaan Dagang.

23.  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk pendalaman materi Siklus akuntansi Perusahaan Dagang.

24.  Guru memberikan pengarahan materi yang akan diberikan untuk pertemuan berikutnya tentang penjurnalan pada Siklus akuntansi Perusahaan Dagang.

25.  Guru membimbing Siswanya untuk berdoa sebelum menutup pelajaran.

26.  Guru menutup pelajaran dan menucapkan salam.

27.  Siswa keluar kelas dengan tertib.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s